Cara Merangkai Sakelar Dengan Stopkontak Pada Satu Tempat

Hampir sering kita jumpai pada setiap ruang bangunan yang terpasang listrik, selalu terpasang sakelar dan stopkontak dalam satu tempat, entah itu posisi sakelar diatas dan dibawahnya stop kontak atau sebaliknya, bagaimana cara membuat dua bentuk rangkaian listrik dalam satu tempat tersebut?

Pada artikel kali ini kita akan bahas tuntas bagaimana caranya membuat rangkaian sakelar dengan stopkontak pada satu tempat, sehingga pada pemasangan listrik anda bisa berhemat dalam penggunaan kabel.

Sebelum kita bahas lebih dalam tentang pemasangan sakelar dan stopkontak ini, ada dua prinsip dasar pengabelan yang harus dipahami, pada sakelar prinsip dasar pemasangan kabelnya adalah menghubungkan atau memutuskan arus suatu tegangan, jadi didalam sakelar tidak terdapat kabel netral, hanya kabel fase saja yang menghubungkan tegangan dengan lampu.

Sedangkan pada stop kontak prinsip pengabelannya adalah, tempat atau terminal penghantar arus listrik, jadi karena dia adalah terminal penghantar arus listrik, maka pada stop kontak ini terdapat tiga jenis kabel yakni fase, netral, dan kabel grounding atau pembumian atau dikenal juga dengan nama arde, saya sendiri menamakannya dengan terminal lengkap.

Pada pelaksanaan pemasangan sakelar dan stop kontak pada satu tempat yang sama, itu artinya pada tempat tersebut ada dua kotak terpisah yang difungsikan untuk masing-masingnya, satu kotak untuk sakelar dan satu lagi untuk stop kontak.

Meski sekarang ini sudah ada tersedia alat listrik yang dibuat untuk kedudukan saklar dan stop kontak dalam satu tempat, seperti gambar dibawah ini, namun cara kerja rangkaiannya tetap terpisah, fase untuk saklar diambil dari fase stopkontak melalui kabel jumper.

Saklar dan stopkontak pada satu kotak yang sama
(Saklar dan stopkontak pada satu kotak yang sama)
Dibawah ini bisa kita simak gambar simulasi kotak-kotak yang tertanam didinding bangunan, dimana nantinya masing-masing akan dipasang untuk instalasi yang berbeda.

Gambar simulasi pemasangan kotak didalam dinding untuk sakelar dan stopkontak

Rangkaian sakelar sebelum ditanam dalam kotak dinding

Apapun bentuk sakelarnya baik itu sakelar seri atau sakelar ganda, ataupun sakelar tiga, semua kabel yang terpasang didalamnya adalah kabel fase, satu kabel fase yang berasal dari tegangan, dan satu lagi kabel fase yang terhubung ke lampu, jika dia sakelar seri berarti ada satu kabel ke lampu, jika dia sakelar ganda, berarti ada dua kabel yang masing-masingnya terhubung ke dua buah lampu, demikian seterusnya.

Pada rangkaian sakelar tidak ada terdapat kabel netral, karena kabel netral dihubungkan langsung dengan lampu, untuk lebih lengkap cara pemasangan saklar ini, bisa pula anda simak pada video dibawah ini.


Dibawah ini bisa kita simak rangkaian pengabelan pada sakelar.

Rangkaian pengabelan pada saklar

Rangkaian stop kontak sebelum ditanam dalam kotak dinding

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, didalam rangkaian stop kontak terdapat pengabelan lengkap, ada kabel fase, kabel netral dan kabel arde atau pembumian atau dikenal juga dengan istilah grounding.

Gambar simulasi pemasangan kabel pada stopkontak dinding

Hubungan kabel fase didalam rangkaian sakelar dengan stopkontak

Sebagaimana sudah saya jelaskan diatas, pemasangan rangkaian saklar dengan stop kontak pada satu tempat yang sama akan menghemat kabel, artinya kabel yang sama pada rangkaian stop kontak, bisa disambungkan langsung dengan sakelar.

Untuk lebih mudahnya bisa disimak gambar simulasi dibawah ini

Rangkaian pemasangan stopkontak dan saklar dalam satu kotak yang sama

Jadi pemirsa di negara manapun anda berada, merangkai atau memasang sakelar dengan stop kontak pada satu tempat yang sama, itu artinya posisi kedua jenis instalasi tersebut jaraknya diperdekat, atau berdekatan.

Baiklah pemirsa, tuntas sudah pembahasan kita kali ini tentang cara merangkai sakelar dan stop kontak pada satu tempat yang sama, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, salam.

0 Response to "Cara Merangkai Sakelar Dengan Stopkontak Pada Satu Tempat"

Post a Comment