Bagaimana Cara Menyambung Kabel Tanpa Memutuskan Arus Listrik

Jika sudah menyangkut dunia kelistrikan, dipastikan menyambung kabel ini merupakan syarat wajib yang dikuasai oleh seorang installer, dan didalam dunia kelistrikan juga, ada bermacam bentuk penyambungan kabel, dari beragam bentuk penyambungan kabel tersebut tujuannya cuma satu, yakni untuk menghubungkan arus listrik.

Nah sahabat pembaca, bermacam cara penyambungan kabel ini sudah pernah kami bahas dalam artikel khusus, lengkap dengan video tutorial cara penyambungan kabelnya, bagi sahabat yang ingin memperlajari lebih lanjut, tentang macam-macam bentuk penyambungan kabel ini, silahkan baca pada link artikel kami dibawah ini, lengkap dengan video tutorialnya.


Menyambung kabel tanpa memutus arus listrik merupakan suatu tantangan, resikonya anda bisa terkena sengatan listrik, dan bisa pula terkena bagian lain, sebenarnya saya tidak menyarankan menyambung kabel tanpa memutus hubungan listrik ini, namun mengingat semakin instannya kehidupan ini, maka kebanyakan orang juga ingin mengerjakan penyambungan kabel dengan cepat.

Karena itu seharusnya menyambung kabel tanpa memutuskan arus listrik ini, dilakukan oleh mereka yang sudah sangat berpengalaman.

Bagaimana Cara Menyambung Kabel Tanpa Memutuskan Arus Listrik

Sebelum melakukan penyambungan kabel, sebaiknya siapkan peralatan standar kelistrikan, peralatan ini fungsinya untuk memudahkan pengerjaan penyambungan, karena kabel yang akan kita sambung ini masih terdapat arus listrik, maka tidak mungkin anda mengupas kabelnya menggunakan pisau dapur.

Karena itu siapkan peralatan berikut ini.

1. Tang kombinasi

2. Tang pemotong

3. Tang buaya

4. Penjepit kabel

Gunakan semua peralatan diatas dalam melakukan pekerjaan pemotongan dan pengupasan kabel.

Tahapan yang dilakukan dalam menyambung kabel tanpa memutuskan arus listrik

1. Potong dan kupas kabel yang akan disambungkan dengan kabel yang sudah terdapat arus listrik, menggunakan peralatan diatas.

2. Potong dan kupas kabel yang terdapat arus listrik, menggunakan peralatan diatas, kemudian amankan kabel tersebut dengan penjepit kabel, hal ini tujuannya, agar kabel yang sudah dikupas tidak nyasar kemana-mana, sehingga anda aman dari sengatan listrik, dan aman pula untuk peralatan rumah tangga lainnya.

3. Dalam penyambungan kabelnya, baik itu dengan cara dipuntir, ataupun dengan cara lainnya, gunakan tang kombinasi dan tang buaya sebagai pemuntirnya, dalam penyambungan kabel ini sebenarnya juga ada alat khusus yang fungsinya untuk menyambung kabel, alat ini semacam konektor yang besar ukurannya, jika anda menggunakan alat ini anda cukup memasukkan kabel yang sudah dipotong pada masing-masing kedudukannya.

4. Kemudian amankan kabel dengan isolasi yang tebal.

Jadi menurut saya pribadi, prinsip pertama yang kita lakukan untuk menyambung kabel tanpa memutuskan arus listrik ini, adalah kupas dan potong terlebih dahulu kabel yang akan disambungkan, kemudian yang harus diperhatikan adalah kabel fase merupakan kabel yang wajib diamankan agar tidak nyasar kemana-mana dan mengenai perangkat lainnya.

Sedangkan untuk kabel netral tidak mengandung tegangan listrik, sehingga tidak masalah jika tersentuh.

Nah pemirsa dimanapun anda berada, barangkali sekian dulu pembahasan kita tentang cara menyambung kabel tanpa memutuskan arus listrik, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya, salam.

0 Response to "Bagaimana Cara Menyambung Kabel Tanpa Memutuskan Arus Listrik"

Post a Comment