Cara Pemasangan Arde Atau Pembumian Dari Instalasi KWH Meter Listrik

Seperti biasanya sore menjelang senja, lampu-lampu listrik di rumah penduduk kampong mulai menyala, lalu kemudian pada waktu Isya menjelang tengah malam artikel ini ditulis, dengan penuh kesyahduan sambil menatap lampu minyak yang sedang menggantikan posisi lampu listrik, yah pada saat itu besar kemungkinan PLN sedang merayakan ulang tahun salah seorang karyawannya, sehingga listrik harus dipadamkan untuk memberikan kesan surprise.

Demikianlah pemirsa, istilah halus dikalangan pemuda kampung ketika listrik tiba-tiba padam di perkampungan kami tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, “PLN sedang merauakan hari ulang tahun”, namun kali ini kita tidak membahas “ulang tahun PLN”, ada hal yang lebih penting dari itu, yakni cara pemasangan arde pada instalasi listrik perumahan.

Arde listrik ini terkadang diistilahkan juga dengan “anti petir” padahal anti petir dengan arde sesungguhnya merupakan hal yang berbeda, dimana anti petir bisa dikatakan sebagai suatu alat berupa besi panjang yang dipasang dibagian paling atas bangunan, dan belum tentu anti petir ini terhubung langsung bersamaan dengan kawat arde listrik, karena itu bagi anda yang sudah terlanjur menterjemahkan didalam pikiran tentang anti petir sama dengan arde listrik, maka mulai dari sekarang sebaiknya pemikiran seperti itu berangsur-angsur dipisahkan.

Untuk anda yang belum terlalu paham, penting kiranya kami ulang kembali, bahwasanya kabel arde pada instalasi bagian dalam rumah, seperti yang terdapat pada stop kontak, tidak terhubung dengan bagian apapun pada KWH meter, karena kabel arde langsung setali dengan kawat arde yang tertancap di dalam tanah.

Baiklah sebelum anda memasang arde atau pembumian dari KWH meter listrik, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan.

1. Pipa besi

Harus berupa pipa besi bukan besi bulat.

2. Kawat tebal

Minimal ketebalannya 2,5 mm atau lebih baik lagi kalau 3,5 mm.

3. Pipa PVC

Boleh digunakan yang ukuran kecil, yang penting pipa itu sanggup menampung kawat arde.

4. Alat penggali

Boleh digunakan linggis ataupun yang sejenisnya.

Cara kerja pemasangan.

1. Gali lobang sebagai persiapan untuk menancapkan pipa besi berserta kawat arde yang telah terpasang.

2. Lindungi kawat arde bagian luar dari KWH meter dengan menutupinya dengan pipa PVC, panjangnya pipa PVC sebaiknya sampai diatas permukaan tanah tempat kawat arde dibenamkan bersama dengan pipa besinya.

3. Lilitkan dengan kuat dan erat kawat arde disepanjang pipa besi, untuk cara melilitnya bisa anda simak gambar dibawah ini.
pemasangan kabel arde pada pipa besi

4. Setelah kawat arde selesai dililitkan pada pipa besi, tancapkan sedalam-dalamnya kedalam tanah, hal ini dikenal juga dengan istilah “Pembumian”.

Untuk cara kerja pemasangan arde sampai ketanah seperti keterangan diatas, namun sebelum semua kegiatan itu dilakukan ada lagi hal penting yang menurut saya harus diperhatikan, perihal tersebut kita rangkum dalam “Syarat mutlak pemasangan arde”, berikut ini persyaratannya.

Persyaratan pemasangan arde

1. Panjang pipa besi arde minimal 75 cm, hal ini untuk benar-benar memastikan kawat arde terbenam kedalam bumi nan fana ini.

2. Jangan pasang pipa arde ditempat yang kemungkinan akan ada genangan air ketika hujan, karena hal ini cukup membahayakan bagi anak-anak dan mahluk hidup lainnya di lingkungan sekitar rumah anda.

3. Jarak aman antara pipa arde yang sudah tertanam dengan KWH meter lebih kurang 180 cm, semakin jauh jaraknya semakin bagus, namun jangan kurang dari 180 cm, karena hal tersebut ketika terjadi cuaca buruk seperti petir menggelegar, maka kemungkinan KWH meter akan rentan terkena sambaran petir.

4. Berikan jarak yang cukup untuk posisi KWH meter dengan sisi dinding lainnya.

5. Tanamkan pipa arde sedalam mungkin kedalam tanah, semakin dalam semakin baik, untuk meminimalisir resiko terkena sambaran petir.

Dibawah ini kami siapkan gambar ilustrasi bagaimana posisi pemasangan arde yang baik untuk perumahan.
model pemasangan kawat arde dari kwh meter

Nah bagaimana pemirsa cukup mudah bukan, sekarang anda tinggal praktek pemasangannya, dan pastikan kawat arde yang akan dipasang dari KWH meter dilindungi oleh pipa PVC.

Sekian dulu pemirsa tips singkat dari kami tentang cara pemasangan kawat dan kabel arde listrik, sebagai suatu cara mengamankan arus listrik ketika terjadi pergolakan cuaca ekstrim (halilintar), atau dari korsleting listrik akibat penggunaan alat elektronik, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Salam …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

0 Response to "Cara Pemasangan Arde Atau Pembumian Dari Instalasi KWH Meter Listrik"

Post a Comment