Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik Rumah

Saya percaya kejadian seperti ini pernah terjadi di rumah anda, dimana anda sedang colokin kabel setrika gosokan pakaian, atau anda sedang mencolokkan kabel stop kontak eksternal, lalu seketika itu juga listrik di rumah anda mati, atau sekring MCB berbalik arah ke posisi off, nah ketika itu namanya sedang terjadi korsleting listrik dirumah anda.

Atau barangkali anda juga pernah mengalami salah satu stop kontak yang terpasang didinding rumah, ketika dicolokin kabel laptop, namun ternyata laptop anda tidak menyala, nah yang demikian juga disebut dengan telah terjadinya korsleting listrik di rumah anda, namun sifatnya lokal, karena pada stop kontak yang lain ketika dicolokin kabel laptop anda tetap bisa menyala.

Jadi sobat installer ada berbagai macam sesungguhnya korsleting listrik, namun yang paling banyak terjadi adalah korsleting listrik yang mengakibatkan listrik di rumah anda mati total.

Ada lagi satu, belum lama ini tetangga saya mengalami kejadian konsleting listrik yang aneh, ketika itu listrik dirumah saya menyala, namun listrik dirumahnya tidak menyala, padahal tidak terjadi peristiwa korsleting yang disebabkan oleh salah satu perangkat elektronik dirumahnya, ketika dilakukan pemeriksaan arus pada salah satu stopkontak menggunakan taspen, ternyata arusnya ada, artinya arus listrik di rumahnya tetap masuk, namun light bulb atau bolham lampunya tidak ada yang menyala.

Nah kalau seperti yang diatas itu disebut juga dengan konsleting arus eksternal (istilah saya sendiri), sebab korsleting terjadi bukan dari arus listrik yang mengalir mulai dari KWH meter, namun korsletingnya terjadi di kabel TR dari tiang listrik.

Jadi kalu kita buat sebuah daftar apa saja yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik dan bagaimana bentuknya korsleting listrik, maka bisa kita susun daftar sebagai berikut.

1. Terjadinya penyatuan kabel yang tidak sejenis, misalkan, kabel negative beradu sambung dengan kabel positif, maka dipastikan terjadi konsleting listrik.

2. Terjadinya ketidaksamaan arus masuk karena ukuran kabel yang terlalu kecil, artinya ketika kabel kecil mencoba mengantarkan arus kepada kabel yang berukuran besar, maka yang demikian disebut over load arus, karena kabel besar mengantarkan muatan yang lebih banyak, sehingga kemungkinan besar kumparan tembaga kabel kecil akan cepat aus, hal yang seperti ini jika terjadi terus menerus juga akan menyebabkan konsleting pada arus listrik.

3. Terjadinya ketidaksamaan arus pada kabel TR dari tiang listrik, seperti contoh pada paragraph 4 diatas, arus listrik tetap masuk, namun lampu tidak menyala, dan semua perangkat elektronik tidak berfungsi, jika hal seperti ini terjadi dan ketika anda lakukan pemeriksaan dengan taspen maka kedua kabel pada lobang stop kontak akan sama-sama memiliki arus (ditandai dengan lampu taspen menyala), artinya kedua kabel sama-sama massa, dan hal ini berbahaya sekali jika tidak segera diatasi.

4. Listrik tetap menyala namun arus yang masuk sama sama massa.

Maksudnya disini adalah, listrik dirumah anda tetap menyala, namun ketika dilakukan pemeriksaan pada stop kontak menggunakan taspen, arus yang masuk sama-sama massa.

Jika hal seperti ini terjadi sebaiknya anda lakukan perbaikan instalasi listrik, karena kondisi seperti ini sangat besar kemungkinan terjadinya arus pendek pada kabel yang sudah keropos atau terbuka.

Namun karena pembahasan blog panduan listrik kita kali ini adalah cara mengetahui sumber korsleting listrik pada instalasi listrik rumah, maka yang kita asumsikan sumber yang dimaksud adalah, asal muasal kenapa arus listrik berhenti mengalir, untuk itu perlu kita batasi arus listrik disini adalah arus listrik yang terjadi di rumah anda, bukan arus pada tiang tiang listrik yang terpasang disepanjang jalan raya.

Dibawah ini kami tampilkan contoh gambar skema arus listrik pada ruangan, dengan harapan anda bisa membayangkan korsleting listrik yang terjadi adalah karena gangguan pada salah satu saluran instalasinya.

Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik Rumah


Untuk mengetahui sumber konsleting pada instalasi listrik rumahan, perlu dilakukan tindakan sebagai berikut.

1. Identifikasi penyebab langsung.

Maksunya adalah, konsleting listrik terjadi ketika anda mencolokkan suatu kabel ke dalam stop kontak, ketika itu juga listrik mati, maka bisa dipastikan ada yang salah dengan pengabelan perangkat elektronik yang anda colokkan, segera cabut kembali chok fiting kabel elektronik tersebut, dan lakukan perbaikan dengan cara membongkar perangkat dan memeriksa kabelnya, bisa jadi salah satu kabel didalamnya putus dan bersentuhan dengan kabel lainnya.

2. Memeriksa KWH meter listrik.

Sebelum dilakukan pemeriksaan bagian listrik yang lain, paling pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa KWH meter, apakah roda KWH meter berputar seperti biasanya atau tidak, jika ia berputar artinya arus listrik sedang masuk, jika tidak berarti listrik mati total.

3. Memeriksa MCB pada KWH meter listrik.

Sesuai fungsinya MCB sebagai pemutus arus otomatis, maka ketika terjadi korsleting listrik seharusnya MCB pada KWH meter berada pada posisi off. 

Artinya arus listrik diputus secara otomatis oleh MCB karena ada peristiwa konlseting listrik, dan anda bisa melanjutkan pemeriksaan ke kabel lainnya. 

Jika MCB KWH meter tetap pada posisi on dan roda KWH meter tetap berputar, artinya arus tetap masuk, jika anda meyakini telah terjadi korsleting lokal artinya hanya pada satu stop kontak saja yang konslet, maka sebaiknya MCB KWH meter dimatikan untuk mencegah terjadinya konsleting arus pendek pada kabel karena hal tersebut bisa menyebabkan kebakaran.

4. Tahap berikut ini dilakukan setelah anda melakukan tahap diatas.

Cara paling sederhana dan mudah untuk mengetahui sumber korsleting listrik adalah dengan menggunakan taspen, bagi anda yang belum mengetahui cara menggunakan taspen silahkan baca artikel ini [Cara menggunakan taspen], cek setiap stop kontak yang terpasang dirumah anda, apakah terdapat arus pada setiap stop kontak atau tidak, jika semua stop kontak tidak terdapat arus berarti korsleting listrik disebabkan oleh perangkat elektronik.

Sangat disarankan bagi anda untuk mencabut semua chok fiting perangkat elektronik yang terpasang, seperti kulkas misalnya, agar ketika dilakukan pemeriksaan kita bisa meyakini arus yang kita periksa tersebut arus yang terdapat pada sambungan langsung pengabelan instalasi listrik rumah.

5. Kita asumsikan listrik dirumah anda mati ketika terjadi konsleting langsung akibat kabel chok perangkat elektronik, dan MCB berada pada posisi off, ketika chok (colokan) dicabut kemudian anda geser kembali kontak MCB ke posisi on, lalu listirk kembali menyala, berarti jelas korsletingnya disebabkan oleh kabel chuk perangkat elektronik tersebut.

Namun ketika yang terjadi lain, seperti misalnya listrik tidak menyala lagi, maka itu berarti korsleting yang disebabkan oleh cok perangkat elektronik tersebut telah memicu terjadinya kerusakan pengabelan yang lain.

Jika hal ini yang terjadi kembali anda lakukan pemeriksaan seperi pada tahap 4 diatas, namun dengan mencabut semua chok perangkat elektronik yang terpasang, seperti TV, kulkas, mesin cuci, penanak nasi atau pemanas nasi, pemanas air, kipas angin, kabel stop kontak ekternal, dan lain sebagainya, semuanya chok tersebut dicabut, barulah kemudian dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan taspen.

Nah sobat installer karena begitu banyaknya bentuk penyebab korsleting listrik pada instalasi listrik rumahan, maka sebaiknya anda menyedian sebuah ohm meter untuk memeriksa setiap perangkat elektronik yang berpotensi menyebabkan korsleting listrik.

Namun pada umumnya, artinya pada setiap kasus konsleting listrik yang saya temukan, paling banyak sumbernya berasal dari stop kontak eksternal (kabel sambung atau disebut juga dengan chok raun), anda tentu tahu stop kontak eksternal memang sangat besar jasanya terutama untuk menyalakan sesuatu yang tidak bisa dijangkau oleh kabel chok perangkat elektronik.

Karena itu pulalah kabel bagian dalam chok stop kontak eksternal rentan terhadap pemutusan, atau pengeroposan.

Barangkali demikian dulu penjelasan singkat kita tentang cara mengetahui sumber korsleting listrik pada instalasi listrik rumahan, sampai jumpa dipembahasan artikel lainnya.

Mari budayakan hemat listrik …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

2 Responses to "Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik Rumah"

  1. ada alat yang bisa mendeteksi tempat terjadinya konsleting nggak ya ?, mohon wa saya ke 081282782017 kalo ada ya, tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, nama alatnya tebu, tapi saya tidak punya, alat ini berbentuk antena TV kecil, informasi terakhir saya dapat, alat ini hanya diperuntukkan pekerja lapangan PLN, tidak dijual bebas.

      Delete