Cara Memasang Instalasi Handle Hand Listrik

Hallo sobat pengunjung, jumpa lagi kita pada artikel berikutnya, oya, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang handle hand listrik, fungsi dan kegunaannya, nah bagi sobat yang ketinggalan artikel sebelumnya silahkan baca disini [Handle hand pada listrik], sesuai dengan namanya alat ini kegunaannya untuk penukar arus listrik, disamping itu bentuk dan modelnya kegunaannya juga beragam, ada yang digunakan untuk rangkaian listrik rumahan, ada juga yang digunakan untuk rangkaian listrik tegangan tinggi.

Sebelum kita memasuki dunia “Ini” lebih dalam, ada beberapa hal yang penting untuk kita cermati, terkait dengan cara pemasangan handle hand ini, penggunaan handle hand ini akan selalu dikaitkan dengan pemakaian MCB, baik pada arus input maupun pada arus outputnya, dan pada fase terakhirnya biasanya penggunaan MCB nya pun beragam, ada yang satu MCB saja ada yang dua sampai tiga, semuanya penggunaan MCB tersebut tergantung kebutuhannya, jika untuk instalasi listrik bangunan gedung bertingkat, biasanya MCB yang digunakan lebih dari satu.

Karena pembahasan kita kali ini fokus kepada instalasi handle hand, saya anggap anda sudah paham dengan pemasangan kabel pada MCB, namun jika ada yang belum paham, jangan khawatir kita akan coba bahas pada artikel selanjutnya, dan bisa anda temukan pada artikel kami pada link dibawah ini.

[Cara Memasang Kabel Induk Pada MCB]

Memasang handle hand listrik tidaklah rumit, hanya saja diperlukan kehati-hatian mengingat jika salah memasukkan kabel, maka akan berakibat konsleting listrik, perlu juga saya tegaskan biasanya didalam Handle Hand ada tiga bidang rangkaian baja, dan untuk pemasangan instalasinya yang kita butuhkan hanyalah dua bisang saja, kita anggap bidang tersebut Bidang a dan Bidang b.

Cara memasang handle hand listrik

Sebelum memasang handle hand listrik, persiapkan terlebih dahulu mesin dieselnya, Ingat ... jangan menyalakan mesin diesel sebelum kabel terpasang dengan baik dan benar, kemudian baru dilakukan pemasangan kabel ke dalam tubuh handle hand, seperti gambar dibawah ini dan prosedur tahapan pemasangannya.




1. Kita asumsikan anda memiliki 2 MCB (MCB a dan MCB b) yang masing-masing fungsinya berbeda, satu untuk mesin diesel dan satunya lagi untuk arus input dari PLN.

2. Kabel MCB a dipasang pada rangkaian bidang b, (Lihat gambar diatas)

3. Kamudian kabel MCB b dipasang pada rangkaian bidang a (Lihat gambar diatas)

4. Masing-masing kabel berjenis sama dipasang berdasarkan pada kedua bidang (a, b)

5. Kabel positif MCB a dipasang pada bidang urutan 1,
6. Kemudian kabel postif MCB b dipasang pada bidang a urutan 1 pula
7. Demikian juga untuk kabel negatif, pemasangannya seperti mengikuti urutan yang ada pada gambar.

Nah sekarang terlihat mudah pemasangan instalasi handle hand, sedangkan untuk arus output, boleh menggunakan satu MCB saja, atau dua MCB tergantung kebutuhan pemakaian.

Selesai melakukan instalasi handle hand, perlu juga dipraktekkan apakah arus listrik berfungsi dengan baik, yakninya dengan cara menyalakan diesel dan dilakukan uji coba dengan menarik turunkan tuas handle hand.

Demikian artikel singkat kita tentang pemasangan handle hand, terima kasih.
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

0 Response to "Cara Memasang Instalasi Handle Hand Listrik"

Post a Comment